Wabup Sanggau Ikuti Ritual Adat Tolak Bala “Bakaua” IKSB Kabupaten Sanggau | Daranante -->

05 Juli 2021

Wabup Sanggau Ikuti Ritual Adat Tolak Bala “Bakaua” IKSB Kabupaten Sanggau

Wabup Sanggau Ikuti Ritual Adat Tolak Bala “Bakaua” IKSB Kabupaten Sanggau.


BORNEOTRIBUN SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si., mengikuti ritual adat tolak bala “Bakaua”, yang mana diartikan dalam bahasa Indonesia yakni bernazar agar pandemi Covid-19 di Negara Indonesia, khususnya di Kabupaten Sanggau cepat berlalu. Kegiatan diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau, bertempat di Aula Hotel Carano Sanggau, Senin (5/7/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkompimda Kabupaten Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau Akmal, SE, para Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat Sumatera Barat di Kabupaten Sanggau.

Usai mengikuti ritual adat tolak bala “Bakaua”, Wakil Bupati Sanggau ketika diwawancarai mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan kegiatan ritual adat tolak bala “Bakaua” ini yang diselenggarakan oleh IKSB.

“Ini merupakan salah satu dari visi dan misi pemerintah daerah, yang dimana PH-YO ini mendorong agar semua etnis harus mampu mengekspresikan dirinya, baik dari sisi seni budaya dan adat istiadatnya. Oleh karena itu, pada hari ini Padang sudah muncul kalaupun beberapa waktu yang lalu juga yang dimana di tahun-tahun sebelumnya sudah mereka lakukan. Akan tetapi pada hari ini juga secara istimewa ada tampilan khusus yang menjadi kebiasaan-kebiasaan asli masyarakat Sumatera Barat,” ujar Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Wabup, Yohanes Ontot juga katakan yang dimana pada hari ini juga sekaligus mereka bernazar agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.

“Mereka bernazar apabila pandemi Covid-19 ini berakhir maka tadi sudah dijelaskan bahwa mereka akan memotong Kambing. Nah, ini nazarnya dan harapan kita tentu hari ini mudah-mudahan Tuhan bisa mengabulkan permohonan ini dan kita semua berharap melalui ritual adat ini mudah-mudahan bisa terjadi apa yang kita harapkan,” tuturnya.

(Diskominfo Sanggau)
Editor: Libertus

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar