Kolaborasi Satgas Pamtas dan Karantina, Dukung Food Estate di Perbatasan | Daranante -->

05 Juli 2021

Kolaborasi Satgas Pamtas dan Karantina, Dukung Food Estate di Perbatasan

Kolaborasi Satgas Pamtas dan Karantina, Dukung Food Estate di Perbatasan.

BORNEOTRIBUN Entikong Penanaman serentak tanaman sorgum yang dilaksanakan dengan kolaborasi antara Satgas Pantas 643 Wanarasakti dan Karantina Pertanian Entikong serta berbagai entitas terkait. Program tersebut merupakan salah satu perwujudan dari pembangunan kawasan Food Estate di sektor barat wilayah perbatasan Kalimantan Barat, bertempat di dusun Sontas, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, KalBar. (5/7/21)

Dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional, pemerintah tengah mencanangkan program food estate. Food estate sendiri merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Untuk itu, dalam mendukung program tersebut di sektor barat perbatasan, Karantina Pertanian bergabung dengan Satgas Pamtas 643/WNS Karantina Pertanian Entikong untuk melakukan penanaman sorgum secara serentak. Selain di Entikong, penanaman sorgum secara serentak ini juga dilaksanakan di Dusun Risau, Kabupaten Bengkayang yang turut dihadiri langsung oleh Bupati Bengkayang dan Dansatgas Pamtas 643/WNS.

Seperti yang kita ketahui bersama, sorgum merupakan tanaman potensial yang digunakan sebagai bahan pangan alternatif. Menurut penelitian, sorgum memiliki kandungan nutrisi yang relatif sama dengan beras, gandum, dan jagung, yaitu kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang cukup memadai, dengan jumlah energi yang lebih rendah. Sorgum merupakan serealia sumber karbohidrat, dengan nilai gizi sekitar 83 % karbohidrat, 3,50 % lemak, dan 10% protein (basis kering). 

Kehadiran Karantina pertanian Entikong dalam program Food Estate tersebut adalah sebagai perwakilan dari Kementerian Pertanian, guna memberikan pendampingan budidaya sorgum tersebut. Dengan SDM yang dimiliki, Karantina Pertanian Entikong turut serta menerjunkan personilnya dalam upaya mensukseskan program Food Estate. Kepala Karantina Pertanian Entikong, drh. Yongki Wahyu Setiawan dalam keterangannya menyebutkan bahwa, setiap program yang berkaitan dengan kedaulatan bangsa, kemandirian pangan dan berorientasi ekonomi, pihaknya akan berada di barisan terdepan untuk memberikan dukungan.

“Program ini sangat baik, maka dari itu kami siap memberikan dukungan, personil kami juga cukup memiliki latar belakang budidaya pertanian yang baik. Kita akan kawal agar progam food estate dapat sukses, sehingga ketahanan pangan negara kita lebih baik,” pungkas Yongki.

Oleh: Libertus

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar