Bupati Sanggau Mendampingi Deputi MPP Kementrian PANRB RI Meresmikan MPP Kabupaten Sanggau | Daranante -->

24 Mei 2022

Bupati Sanggau Mendampingi Deputi MPP Kementrian PANRB RI Meresmikan MPP Kabupaten Sanggau

Bupati Sanggau Mendampingi Deputi MPP Kementrian PANRB RI Meresmikan MPP Kabupaten Sanggau.

BorneoTribun.com Sanggau, Kalbar - Bupati Sanggau Paolus Hadi mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo diwakili Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau.

Peresmian MPP Kabupaten Sanggau ditandai pemukulan gong sebayak tiga kali serta pengguntingan pita di pintu masuk utama MPP oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa.

MPP yang diresmikan berada di Jalan Pasar Rawa Bangun Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Selasa pagi 24 Mei 2022.

Hadir di kesempatan tersebut
 Kepala Bidang Pengorganisasian dan perencanaan (KaroBiroRena ) Polda Kalbar Kombes Pol Deni Irawan, Kepala DPMSP Provinsi Kalbar Hendra, Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, Dandim 1204 / Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, Kajari Sanggau Dr.Anton Rudiyanto, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Dian Anggraeni, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs Gusti Arman, Kepala DPMSP Kabupaten Sanggau Drs Alipius, Kakan Kemenag Sanggau H. Anuar Akhmad, Ketua Pengadilan Agama Nana, Para Lurah Sekecamatan Kapuas, Organisasi wanita Kabupaten Sanggau, Forkopimda Kabupaten Sanggau, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam sambutannya mengungkapkan Selamat datang kepada menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi H.Tjahjo Kumolo, yang diwakili oleh Deputi bidang pelayanan publik kementerian PAN dan RB Prof Dr. Diah Natalisa M.B.A., beserta jajaran dan rombongan, Selamat Datang Kepada Kepala DPMSP Provinsi Kalbar HENDRA S.Sos, yang mewakili gubernur Kalimantan barat beserta jajarannya, Selamat Datang para bupati dan walikota se-kalimantan barat, DPRD Kabupaten Sanggau, Jajaran forkopimda Kabupaten Sanggau, pimpinan OPD, Raja Sanggau, Tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda dan seluruh hadirin undangan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak menteri beserta perwakilan dan jajaranya yang pada pagi hari ini telah berkenan untuk hadir meresmikan mall pelayanan publik Kabupaten Sanggau. 
Mal pelayanan publik sebagai sentra pelayanan publik yang mampu menghadirkan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami berupaya untuk mengintegrasikan seluruh pelayanan publik pada setiap perangkat daerah untuk dapat bergabung dalam pelayanan di MPP ini, sehingga masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik atau mondar mandir mengunjungi unit-unit pelayanan publik," ucap Paolus Hadi.

"Dengan adanya MPP diharapkan bisa menciptakan layanan yang murah, menghemat biaya transportasi yang tidak perlu dan kami terus berupaya untuk melengkapi fasilitas dengan mengupayakan secara bertahap baik struktur maupun perangkat lunak pelayanan terutama mengembangkannya dengan basis teknologi informasi yang menciptakan pelayanan yang semakin cepat dan berkualitas.
Dengan di resmikan MPP ini mudah-mudahan menjadi tonggak dan pemacu semangat kami untuk terus berbenah dalam melengkapi fasilitas mal pelayanan publik sehingga wajah pelayanan publik akan semakin baik, mudah, murah, cepat dan berkualitas sehingga semakin meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah yang selanjutnya akan berkontribusi positif terhadap iklim investasi dan pelayanan yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan Rakyat.
Sekali lagi Kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada bapak menteri yang berkenan meresmikan mal pelayanan publik Kabupaten Sanggau, kepada Ibu Deputi beserta jajaran, Bapak gubernur dan seluruh hadirin undangan atas kesediaannya hadir pada acara ini kami sampaikan pula permohonan maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan dalam penyambutan dan pelayanan kami," ungkapnya.

Sambutan Gubernur Kalbar yang di bacakan oleh Kepala DPMSP Provinsi Kalbar menyampaikan format Bapak Gubernur Kalimantan Barat karena tidak bisa hadir.

"Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memihak dan kebutuhan dasarnya secara berkualitas cepat mudah terjangkau dan terukur serta memberikan perlindungan setiap warga negara dari penyalahgunaan wewenang bebas dari pungli dan dapat dipercaya untuk mewujudkan transportasi pelayanan publik ke arah yang lebih baik. Dengan pembentukan Mal pelayanan publik adalah perluasan fungsi pelayanan publik terpadu baik pemerintah pusat melalui instansi lembaga vertikal, pemerintah daerah, BUMN, BUMD serta sektor swasta sebagai sebuah pembaharuan, Mal pelayanan publik merupakan langkah strategis dalam perbaikan dan pelayanan dengan menggunakan teknologi informasi sehingga memberikan kemudahan akses untuk pelayanan publik dan kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan. Dengan adanya MPP ini tentunya sebagai wujud keadilan negara dihadapan masyarakat dalam memudahkan urusan masyarakat dengan tampilan pelayanan publik yang lebih modern nyaman aman dan mudah," ucapnya.

"MPP Kabupaten Sanggau akan menjadi MPP kedua di Kalimantan Barat yang diresmikan oleh Kementerian PANRB  setelah sebelumnya MPP Kota Singkawang pada bulan April kemarin. Selain itu saat ini terdapat beberapa calon MPP yaitu Kabupaten Kubu Raya, kemudian kabupaten Sekadau, Kota Pontianak serta Kabupaten Ketapang sehingga perlu bimbingan dari tim Kementerian PANRB dan juga menjadi perhatian pemerintah bukan kota dalam hal penyediaan sarana dan prasarana serta sumber daya aparatur penyelenggara MPP," tuturnya.

"Saya berharap dengan adanya MPP ini semakin meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi-ekonomi di Kalimantan Barat dan saya ucapkan selamat kepada pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah memiliki Mal pelayanan publik serta saya harapkan dapat diikuti oleh kabupaten kota lainnya di Provinsi Kalimantan Barat," tutupnya.

Selanjutnya sambutan Deputi Pelayanan publik kementrian PAN dan RB dilanjutkan pemukulan gong dan pengguntingan pita Deputi Pelayanan Publik didampingi seluruh forkopimda tanda di resmikannya Mal Pelayanan Publik kabupaten Sanggau.

"Saya merasa bangga dengan di implementasikan mal pelayanan publik yang sudah sekian lama di rencanakan dan Alhamdulillah pada hari ini kami dari Deputi Pelayanan publik mewakili kementrian PANRB Bapak Cahyo kumolo merasa bangga dapat meresmikan mal pelayanan publik di Kabupaten Sanggau yang merupakan mal pelayanan publik ke 57 se-Indonesia dan ke 2 se-Kalbar," ucapnya.

Di acar inti penyerahan piagam penghargaan dari menteri PANRB oleh Deputi mal pelayanan publik Diah Natalisa kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi, serta di lanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita pintu masuk mal pelayanan publik dilanjutkan dengan peninjauan mal pelayanan publik.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar