Paolus Hadi Menghadiri Pengukuhan Pengurus Kerabat Batak kabupaten Sanggau | Daranante -->

17 Desember 2021

Paolus Hadi Menghadiri Pengukuhan Pengurus Kerabat Batak kabupaten Sanggau

Paolus Hadi Menghadiri Pengukuhan Pengurus Kerabat Batak kabupaten Sanggau.

BorneoTribun.com Sanggau, Kalbar- Pengukuhan pengurus Kerabat Batak kabupaten Sanggau periode 2020-2023 dan ritual adat tunggal Panaluan. Bertempat di garden palace hotel, jalan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Pada Jumat 17 Desember 2021 pukul 14.00 Wib.

Bupati Sanggau Paoulus Hadi, S.IP., M.Si., yang hadir dalam rangka pengukuhan pengurus kerabat kabupaten Sanggau menyambut dengan baik atas dilantiknya kepengurusan Kerabat Sanggau.

"Selamat datang kepada ketua Kerabat Provinsi Kalimantan barat, dan selamat kepada ketua dan pengurus kerabat kabupaten Sanggau yang hari ini akan dikukuhkan" ucap Bupati Sanggau.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan tentang adat dan budaya yang telah di wariskan oleh generasi ke generasi.

"Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki secara bersama-sama oleh sekelompok orang serta diwariskan oleh generasi ke generasinya, sedangkan adat merupakan gagasan budaya yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan kelembagaan dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain di dalam suatu kelompok masyarakat," jelas Bupati.

"Di Kabupaten Sanggau telah banyak terbentuk organisasi- organisasi budaya masyarakat dari suku-suku tertentu sebagai tanda bahwa keberagaman dikabupaten Sanggau ini sangat terjaga dengan baik. Pada saat ini saya percaya untuk mengukuhkan organisasi Kerabat yaitu suatu organisasi dari masyarakat suku batak sebagai salah satu kekayaan di Kabupaten Sanggau. Saya berharap organisasi ini akan berjalan dengan baik dan mempunyai misi untuk menjaga budaya batak di Sanggau agar generasi muda batak tetap mengetahui dan mengenal budaya mereka walaupun jauh dari tanah leluhur," ucap Paulus Hadi selaku Bupati Sanggau.

Bupati Sanggau Paolus Hadi Berfoto Bersama Anggota Kerabat Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Kerabat Kalimantan Barat, Rian Natsir Silalahi menyampaikan bahwa secara khusus menitipkan seluruh Kerabat Batak yang ada di Kabupaten Sanggau untuk dibimbing oleh Pemerintah Kabupaten.

"Kami titipkan kepada Pak Bupati seluruh Kerabat Batak disini agar mereka bisa berpartisipasi positif turut membangun Kabupaten Sanggau menjadi yang terdepan dan maju," ucap Ketua DPD Kerabat Kalimantan Barat, Rian Natsir Silalahi.

Ketua DPC Kerabat Kabupaten Sanggau 2020-2023, Ginting menyampaikan bahwa Kerabat merupakan wadah silahturahmi dan komunikasi enam sub etnis Batak dan suku lainnya di Kabupaten Sanggau.

Dikatakannya, Organisasi ini dibentuk untuk melestarikan budaya-budaya masyarakat Batak di Kabupaten Sanggau.

Disinilah kita bisa melihat bermacam budaya Batak, karena di sini tergabung dari berbagai marga, disitulah budaya Batak di tampilkan dan di lihat, tidak perlu Jauh-jauh ke Sumatera, di Sanggau ada Kerabat yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang berazaskan Pancasila, yang mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk mendukung visi - misi Pemerintah Kabupaten Sanggau secara khusus Sanggau Berbudaya dan Beriman," ucap Ginting Ketua DPC Kerabat Sanggau sekaligus sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar