Orang Nomor Satu di Sanggau Kenakan Pakaian Khas Madura Dalam Acara Ritual Adat Jheg Bumih | Daranante -->

16 Desember 2021

Orang Nomor Satu di Sanggau Kenakan Pakaian Khas Madura Dalam Acara Ritual Adat Jheg Bumih

Orang Nomor Satu di Sanggau Kenakan Pakaian Khas Madura Dalam Acara Ritual Adat Jheg Bumih.

BorneoTribun.com Sanggau, Kalbar- Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau melaksanakan ritual adat Jheg Bumih. Ritual adat Jheg Bumih ini merupakan warisan leluhur majapahit yang masih dianut suku Madura, Jheg Bumih sama seperti hal nya ritual adat tolak bala agar terhindar dari segala macam bala dan musibah, pelaksanaan ritual adat Jheg Bumih  di laksanakan di Kantor Sekertariat IKBM, Jalan ST. Syahrir, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Kamis 16 Desember 2021.

Bupati Sanggau, Paoulus Hadi, S.IP., M.Si., yang datang menghadiri acara ritual adat Jheg Bumih tampil menggunakan pakaian adat khas Madura, terlihat juga hadir diacara tersebut Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K., dan Kasi Intel Kejaksaan Negri Sanggau Freddy Wiryawan, S.H.

Paoulus Hadi, S.IP., M.Si., Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K., dan Kasi Intel Kejaksaan Negri Sanggau Freddy Wiryawan, S.H. Menggunakan Pakaian Adat Khas Madura.


Bupati Sanggau Paolus Hadi  merasa senang dan bangganya karena masyarakat Sanggau hidup rukun dalam keberagaman etnis, hal itu diungkapkan Paolus Hadi saat menghadiri acara tersebut.

"Saya bisa juga lihat budaya Madura di Sanggau dari dekat. Tarian dan lagu Madura ini bagus, dan saya bangga bisa memakai pakaian adat Madura di acara ini", ungkap Bupati Sanggau. 

Paolus Hadi mendorong agar semua etnis yang ada di Sanggau mau tampil dengan adat-istiadatnya serta memiliki kepengurusan yang baik dan hidup harmonis berdampingan dengan eknis manapun.  

"kita harus bangga dengan budaya kita sendiri, semua etnis yang ada di Sanggau mau tampil dengan adat-istiadatnya sendiri dan tidak usah malu," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau Muhammad Halil mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Sanggau terhadap pengembangan kebudayaan semua etnis yang ada di Kabupaten Sanggau.
 
“Pemerintah daerah Kabupaten Sanggau sangat konsen dalam mengembangkan kebudayaan masyarakat dari semua etnis, hingga terselenggara ritual adat Jheg Bumih ini," ungkap Halil.

Selain itu Halil menjelaskan ritual adat Jheg Bumih Sama seperti ritual adat tolak bala pada umumnya, hanya saja ritual adat Jheg Bumih ini ada syarat khusus yang mesti dilakukan seperti syarat air dari tujuh sungai dan juga telur dari tujuh indukan yang membedakan di dalam ritual adat Jheg Bumih ini, pungkasnya.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar