Sumadi Resmi Dilantik Menjadi Timanggong Adat Dayak | Daranante -->

09 Oktober 2021

Sumadi Resmi Dilantik Menjadi Timanggong Adat Dayak

Seorang Wartawan Sekaligus Anggota IWO Dilantik Sebagai Timanggong Adat Dayak.

BorneoTribun.com Pontianak- Seorang Reporter media online Delikkalbar.com dan sekaligus anggota Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumadi SE  Resmi dilantik menjadi Timanggong Adat Dayak di Katimanggongan Binua Tanjung Pontianak Timur pada Sabtu 9 Oktober 2021. Pelaksanaan pelantikan di laksanakan di Rumah Betang Jalan Sutoyo  Pontianak Selatan.

Saat pelantikan turut juga dihadiri oleh Ketua Adat Provinsi Kalbar ,dan masyarakat adat.

"Visi misi saya sebagai Timanggong Adat Dayak mengayomi masyarakat adat di wilayah katimanggongan Binua Tanjung Pontianak Timur,"ujar Sumadi pada Sabtu, (9/10/21) di Pontianak.

Ia mengatakan,  di Pontianak Timur umumnya kita mengayomi yang sifatnya pelanggaran pelanggaran adat suku Dayak atau masyarakat adatnya maupun dengan suku-suku yang lainnya.

"Kita biasanya kalau menjalankan hukum adat itu kedua belah pihak mau di selesaikan dengan secara adat.
Kami berperan aktif menjelaskan kepada masyarakat, bahwa hukum adat ini adalah menciptakan kedamaian, menjaga Kedamaian di kedaulatan Negara  Kesatuan Republik Indonesia, NKRI harga mati,"kata Sumadi.

Lanjut Sumadi, selaku Timanggong pemangku adat Kecamatan Pontianak Timur semua warga akan di ayomi baik suku Dayak nya maupun suku-suku yang lainnya tetap mengedepankan Kedamaian.

Hal-hal adat yang sifatnya berkaitan dengan Hukum Adat suku  Dayak dengan suku lain tetap mengedepankan secara kekeluargaan, diselesaikan dengan kearifan lokal,kita selesaikan dengan secara adat.

"Harapan kita adalah katimanggunan Binua Tanjung tetap kondusif aman, nyaman dan sejahtera. Adil Kak Talino Bacuramin Kak Saruga Basengat Kak Jubata pungkasnya,"tuturnya.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar