Lakukan Ekspor, Komoditas Pertanian Kalbar diminati Dunia. | Daranante -->

15 Agustus 2021

Lakukan Ekspor, Komoditas Pertanian Kalbar diminati Dunia.

Lakukan Ekspor, Komoditas Pertanian Kalbar diminati Dunia. 


BORNEOTRIBUN KALBAR, Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengapresiasi para pelaku usaha di bidang agrobisnis baik petani, peternak, pekebun, maupun eksportir dengan menggelar Kegiatan Merdeka Ekspor. Kegiatan ini diselenggarakan melalui Expo dan Pelepasan Ekspor Pertanian dari 17 Pintu Pengeluaran oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sabtu (14/08).

Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu dari 17 pintu pengeluaran ekspor yang terpilih, karena memiliki nilai ekspor komoditas pertanian yang cukup besar. Komoditas pertanian yang diekspor pada kegiatan ini sebanyak 11 jenis diantaranya yaitu kelapa bulat, kelapa dan turunannya, lada, pinang, sarang burung walet, dan durian. Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Pontianak mencatat komoditas pertanian Kalbar yang diekspor pada kegiatan ini mencapai Rp194 miliar.  

Karantina Pertanian Entikong yang memiliki wilayah kerja di Provinsi Kalbar mendukung penuh kegiatan merdeka ekspor yang dilaksanakan di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Yongki selaku Kepala Karantina Pertanian Entikong yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, dengan terpilihnya kalbar sebagai salah satu pintu pengeluaran ekspor, diharapkan dapat membuka peluang yang besar bagi pelaku usaha di bidang pertanian. 


"Keberhasilan ekspor komoditas pertanian membuktikan Provinsi Kalbar kaya dengan beragam komoditas pertanian unggulan yang dibutuhkan dunia. Peluang untuk terus berinovasi dalam produk pertanian di tengah kondisi pandemi sehingga bisa memenuhi kebutuhan negara lain" tutup Yongki.

(KarantinaPertanianEntikong)
Editor: Libertus

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar