FW&LSM Kalbar Indonesia, Bersama Dpmpemdes Kabupaten Sanggau, Dukung Program Pembangunan Desa | Daranante -->

05 Juli 2021

FW&LSM Kalbar Indonesia, Bersama Dpmpemdes Kabupaten Sanggau, Dukung Program Pembangunan Desa

FW&LSM Kalbar Indonesia, Bersama Dpmpemdes Kabupaten Sanggau, Dukung Program Pembangunan Desa.


BORNEOTRIBUN Sanggau,- DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA KABUPATEN SANGGAU (Dpmpemdes) melalui Alian, S. S.T., selaku Plt kepala Dpmpemdes menyambut baik atas kunjungan anggota FW & LSM Kalbar Indonesia belum lama ini. Dalam pertemuan FW & LSM Kalbar Indonesia yang berlangsung  diruang kerja Plt Dpmpemdes. (5/7/21)

Sekjen FW & LSM Kalbar Indonesia, Wawan Daly Suwandi dan Libertus dari BorneoTribun.com  bersama rekan-rekan Wartawan dari beberapa Portal Media Online & Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melakukan komunikasi dengan Plt kepala Dpmpemdes Kabupaten Sanggau yang langsung di terima Alian selaku Plt kepala Dpmpemdes Kabupaten Sanggau didampingi beberapa orang Kabid dan Stapfnya .

Wawan D Suwandi menyampaikan mengenai peranan Wartawan & LSM, tugas serta pungsinya  serta sinergisitas dengan pemerintah dalam pembangunan.
Terutama dalam menjalin komunikasi publik sesuai dengan tupoksinya .
Dengan program adanya keterbukaan mengenai pelaksanaan pembangunan sesuai dengan RPJM Des  serta adanya  transfaransi dalam pengelolaan keuangan  sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Alian Plt Kepala Dpmpemdes Kabupaten Sanggau, menyambut dengan baik  FW & LSM Kalbar Indonesia dalam menjalin komunikasi .
Dengan harapan semoga dapat menghindari adanya kesalah pahaman yang sering  terjadi dengan rekan-rekan Wartawan terutama dalam menulis berita .
Karena menurutnya  Dpmpemdes, dalam hal ini ada aturan serta ketentuan yang mengatur yang harus dipatuhi sehingga dalam memberikan keterangan  dan penjelasan harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.
Serta mesti hati-hati dalam pelaksanaannya.

Menurut Alian, kehati-hatian dalam bekerja itu lebih baik ketimbang bekerja sembarangan apalagi kalau harus melanggar hukum karena dapat berakibat patal. Oleh karena itu tetap melakukan Koordinasi dengan Pimpinan, hal ini menurutnya sangat penting  dilakukan, karena sebagai bawahan menyadari komunikasi dan koordinasi dengan Pimpinan itu merupakan  kewajibannya.

Alian Plt kepala Dpmpemdes Kabupaten Sanggau, menyampaikan juga  mengenai program prioritas 2021.
Pertama Bidang Pembangunan Desa dan Perdesaan  diantaranya program Dpmpemdes Kabupaten Sanggau yang juga merupakan program Kemendes RI secara Nasional.

Meliputi Pendampingan Desa, Desa Wisata di Destinasi Wisata Super Prioritas, Desa Wisata Prioritas Kementerian, Konvergensi Pencegahan 
, Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Digital.

Kemudian meliputi Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Desa, Pengendalian Dana Desa, Pelatihan Masyarakat, Peningkatan Jalan dan Pasar Kawasan Perdesaan, Gudang Pangan Lokal dan Lantai Jemur, Sarana dan Prasarana Panen di Rawan Pangan Daerah Tertinggal, dan Pengembangan Wisata di Daerah Tertinggal.

Bidang Ekonomi dan Investasi Desa.
Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, outputnya yaitu Pengembangan BUMDes untuk Produk Unggulan Desa, Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu, Usaha Ekonomi Desa Terintegrasi BUMDes, dan Pengembangan BUMDes Bersama.

Bidang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal. Dalam hal tersebut terdapat 5 output prioritas yang ditarget, yakni Peningkatan Kapasitas Masyarakat di Daerah Tertinggal, Penyusunan RAN PPDT 2021 dan 2023, Sarana Air Bersih di Daerah Perbatasan, Sarana Air Bersih di Pulau Kecil Terluar.

Bidang Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi. Bina Potensi Kawasan Transmigrasi, Penataan Persebaran Penduduk, Pembukaan Lahan Transmigrasi, Rumah Transmigrasi, Jalan Permukiman Transmigrasi, Fasilitasi Sertifikasi HPL Transmigrasi.

Menyepakati semua yang menjadi program prioritas Kemendes PDTT 2021. Peserta rapat juga memberikan apresiasi atas realisasi tahun anggaran 2020 yang mencapai 95,57 persen untuk realisasi keuangan dan 97,36 persen untuk realisasi fisik.

Respon Baik Pemerintah Desa yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau.
Desa harus merespon dengan baik 4 Program Prioritas tersebut, terutama pada bidang Pertama yaitu peningkatan PENDAMPINGAN DIGITALISASI DESA.

Pemerintah Desa dengan DIGITALISASI DESA, meliputi Layanan Pusat Informasi Desa berbasis web dan android.
Layanan Aplikasi Surat berbasis web dan android (Eletter).
Layanan Aduan Online berbasis web dan android (Eaduan)..
Layanan Kesehatan (Ehealty).
Layanan BUMDES.
Layanan Produk UMKM DESA berbasis web dan android..
Informasi E-Pajak (PBB).

Oleh: Libertus

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar