GAWAT, SEORANG PERAWAT RSUD PONTIANAK KOTA DAN LIMA PASIEN COVID MENINGGAL DALAM SATU HARI | Daranante -->

23 Juni 2021

GAWAT, SEORANG PERAWAT RSUD PONTIANAK KOTA DAN LIMA PASIEN COVID MENINGGAL DALAM SATU HARI

Sri Murtini, Kabid Pelayanan dan Trisna Safriana, Kasi Asuhan dan Keperawatan RSUD Kota Pontianak.

BORNEOTRIBUN Pontianak, Korban meninggal akibat Covid-19 tampaknya boleh disebut semakin gawat, korban meninggal dan di rawat di rumah sakit Pontianak Kota saja terdata terus bertambah. 

Direktur RSUD Kota Pontianak Sultan Syarif Mohamad Alkadri dr Rifka, M.M., susah ditemui terkesan main "kucing-kucingan", ketika igin dikonfirmasi wartawan, Selasa siang (23/06/21).

Anehnya pihak rumah sakit terkesan tertutup dan tidak mau dikonfirmasi tanpa alasan untuk publikasi korban meninggal dan dirawat.

Seperti diketahui tercatat dalam satu hari ini, Selasa (23/06/21) wartawan mendapat informasi ada 6 pasien yang terpapar Covid-19 telah meninggal Dunia di RSUD Kota Pontianak Sultan Syarif Mohamad Alkadri, satu diantaranya seorang perawat bernama Arif Mulhan (42) Tahun.

Atas informasi korban meninggal begitu banyak, sehingga wartawan  mencoba untuk menggali kebenaran atas informasi tersebut dan mencoba mengkonfirmasikannya ke pihak   rumah sakit RSUD Kota Pontianak dr Rifka selaku Direktur.

Namun, menurut staf di ruangannya dr Rifka lagi meninjau ruangan pasien. Stafnya juga sudah menyampaikan maksud dan tujuan wartawan.

Hampir satu jam ditunggu, barulah dr Rifka muncul masuk ruangan. Wartawan yang menunggu diminta bersabar menunggu karena sang direktur lagi sholat.

Tapi  kecele, wartawan yang menunggu diluar cukup lama harus menarik napas dalam dalam, karena dr Rifka "nyelonong" keluar ruangan kantor seperti main "kucing-kucingan", tanpa memberi kesempatan para "kuli tinta" untuk konfirmasi atas korban covid yang meninggal.

Setelah diberi penjelasan pentingnya berita yang berimbang dan jelas demi kepentingan rumah sakit dan publik, barulah wartawan diarahkan untuk ketemu bawahan sang direktur RSUD Kota Pontianak yang diterima langsung oleh Sri Murtini, Kabid Pelayanan dan Trisna Safriana, Kasi Asuhan dan Keperawatan RSUD Kota Pontianak.

Dalam penjelasannya,  kedua staf dr Rifka membenarkan seorang perawat bernama Arif Mulhan korban covid telah meninggal dunia pada Selasa malam pukul 21.40 Wib.

Selain itu mereka juga mengakui, selain Arif Mulhan, ada juga lima pasien covid lainnya meninggal dalam satu hari itu. Sayangnya kelima nama korban covid tidak mau disebutkan.

Arif Mulhan perawat RSUD Kota Pontianak diketahui merupakan warga gang Keladan, Tanjung Hulu, Pontianak Timur.

Sementara itu menjawab pertanyaan, staf dr Rifka tidak membantah adanya peningkatan jumlah pasien yang rawat inap akibat covid. Untuk bulan Mei ini saja tercatat mencapai 213 pasien. Kemudian bulan Juni ini sampai tanggal 23 Juni bertambah lagi mencapai 212 kasus.

Mereka juga menjelaskan RSUD Kota Pontianak masih menerima atau melayani  pasien korban covid yang akan rawat jalan maupun rawat inap.

"Cuma untuk 20 persen tempat tidur dipersiapkan untuk anak-anak dan bayi, karena mereka harus terpisah kamarnya dengan pasien dewasa atau orang tua", ungkap staf dr Rifka.

Kemudian ketika ditanya jumlah keterisian tempat tidur yang ada sekarang, mereka mengatakan sudah 80 persen tempat tidur  terisi semua.

"Untuk tempat tidur yang sudah di gunakan sekarang sudah terisi sekitar 80% terpakai atau di gunakan"ucap staf dr Rifka.

Oleh: Libertus

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar