Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Penting, Kapolres Bengkayang Minta Para Pengusaha Tidak Naikan Harga | Daranante -->

14 April 2023

Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Penting, Kapolres Bengkayang Minta Para Pengusaha Tidak Naikan Harga

Foto: Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H., Foto Bersama Selesai Jumat Curhat 

Bengkayang, Kalbar BorneoTribun.com – Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar kegiatan Jum’at Curhat dengan menghadirkan Dinas Terkait dan Beberapa Pengelola Minimarket, yang bertempat di Ruang PPKO Polres Bengkayang, Jum’at (14/4/2023) pagi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. tersebut dihadiri pula oleh Pju Polres Bengkayang, Tim Satgas Pangan Bagian Perekonomian dan SDA Sekda Kab. Bengkayang, Tim Satgas Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Bengkayang, Tim Satgas Pangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bengkayang, Pengelola Minimarket Lala Mart dan Pengelola Minimarket Banlie Mart.

Dalam Jum’at Curhat kali ini, Kapolres mengambil tema “Menjaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Penting di Kab. Bengkayang", ia mengatakan hal tersebut dikarenakan dari hasil pemantauan Tim Satgas Pangan terdapat beberapa bahan pokok penting yang mengalami peningkatan harga.

“Oleh karena itu, mari bersama kita diskusi untuk mengatasi dan mengendalikan harga bahan pokok penting agar tetap stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kedepan,” ujar Kapolres.

“Selain itu, menjaga stabilitas bahan pokok penting sangat diperlukan dalam mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Bengkayang,” tambah Kapolres.

Pada kegiatan tersebut, tampak berbagai pihak yang hadir saling berbincang-bincang menyampaikan pendapat, masukkan maupun pertanyaan mengenai harga dan ketersediaan bahan pokok penting di Kabupaten Bengkayang.

Seperti halnya yang disampaikan perwakilan Tim Satgas Pangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bengkayang Ibu Marietha mengenai harga dan ketersediaan stok bahan pokok serta rencana pelaksanaan operasi pasar .

“Dari hasil pantauan kami, harga dan ketersediaan stok bahan pokok penting sementara stabil dan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, namun ada beberapa harga bahan pokok penting mengalami kenaikan harga seperti beras, telur, minyak goreng dan cabe,” sampai Marietha.

“Untuk Operasi Pasar, Disperindag Bengkayang sudah melakukan di Kec. Sungai Raya menjual beras lokal dengan harga Rp. 9.000,- dan terjual sebanyak 3 ton. Menjelang HBKN Disperindag akan mengadakan Operasi Pasar dibeberapa Kecamatan wilayah Kab. Bengkayang,” jelas Marietha.

Kemudian Pengelola Banlie Mart Kurnia menyampaikan bahwa minimarket di Banlie Mart untuk stok bahan pokok penting tergantung orderan kepada supplier dari singkawang, apabila supplier mengalami kekosongan stok otomatis Banlie Mart juga mengalami kekosongan stok bahan pokok penting.

“Terkait harga bahan pokok penting di Banlie Mart mengalami kenaikan harga dari 2% s.d 5%, untuk beras mengalami kenaikan harga dari Rp. 2.000.,- s.d Rp. 5.000,-, dan untuk harga telur juga mengalami kenaikan. Untuk kami sampaikan keseluruhan ketersediaan bahan pokok penting Banlie Mart sampai Hari Raya Idul Fitri aman dan tersedia,” ucap Kurnia.

Kemudian Kapolres menanggapi hal tersebut dan berharap agar Operasi Pasar di tentukan pada wilayah yang permintaannya banyak namun suppliernya kurang dan berharap apabila di minimarket terdapat beberapa bahan pokok penting yang mengalami kelangkaan, agar segera di ambil langkah-langkah untuk mengatasi kelangkaan tersebut. Ia juga berharap kepada pengusaha minimarket agar disampaikan kepada pimpinannya untuk tidak menaikkan harga bahan pokok penting terlalu tinggi.

Terakhir, Kapolres mengucapkan ungkapan terima kasih kepada Tim Satgas Pangan yang sudah bekerja keras dalam menjaga stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Penting guna mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Mari bersama kita menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok penting demi mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H khususnya di Kabupaten Bengkayang,” tutup Kapolres.

Oleh: Rinto Andreas
Editor: Libertus 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar