8 Tahun Berkiprah Di Kabupaten Sanggau, Ontot Berharap Masyarakat Nias Dapat Mengukir Sejarah | Daranante -->

22 Maret 2023

8 Tahun Berkiprah Di Kabupaten Sanggau, Ontot Berharap Masyarakat Nias Dapat Mengukir Sejarah

 
Rakercab Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di Kabupaten Sanggau.
Sanggau, Kalbar - Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di Kabupaten Sanggau kembali menggelar kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke 2 yang dilaksanakan di Aula Grand Palace Hotel Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu (22/3/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati sanggau, Yohanes Ontot. 

Dalam kegiatan tersebut Ketua DPC HIMNI Eliman Mesialis Zebua.,M.Th didampingi Penasehat HIMNI Pendeta Obedi Tua Sarumaha., menyampaikan bahwa hadirnya Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di kabupaten sanggau sejak Tahun 2016 lalu.

"Kita sudah sekali melaksanakan Muscab dan dua kali rakercab. Visi-misinya adalah menghimpun seluruh masyarakat Nias yang ada di seluruh Indonesia dan juga yang menjadi penyeimbang bagi pemerintah untuk memberikan masukan positif dan juga kritikan bagi setiap kebijakan-kebijakan yang di ambil oleh pemerintah supaya roda pemerintah berjalan dengan baik sesuai dengan amanat undang-undang dasar 1945," ucapnya.

"Kami sebagai Himpunan masyarakat Nias Indonesia sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sanggau yang sudah menerima kami sebagai bagian dari masyarakat di Kabupaten Sanggau. Harapan kami kedepannya supaya Himni bisa bersinergi bersama masyarakat dan lembaga adat lainnya sehingga Kabupaten Sanggau boleh menjadi miniatur Indonesia ditengah-tengah masyarakat," imbuhnya. 

Dirinya menambahkan bahwa di Kabupaten Sanggau telah tersebar masyarakat Nias di 15 Kecamatan  dengan mayoritas bekerja sebagai penginjil, Guru, sebagai tenaga pendidik di pelosok Kabupaten Sanggau. 

Ketua DPC Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) mengakui bahwa kehadirannya mendukung penuh Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

Eliman Mesialis Zebua M.Th juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten sanggau yang telah menerima Suku Nias di Kabupaten Sanggau. 

"Terima Kasih Kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Sanggau telah menerima warga Nias sehingga kami bisa aman dan damai di Kabupaten Sanggau," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) di Kabupaten Sanggau. 

Pasalnya dengan terselenggaranya Rakercab tersebut menunjukkan bahwa pihaknya hadir di Kabupaten Sanggau dan mengisi keberagaman di Kabupaten Sanggau. 

"Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi setiap suku bangsa yang ada di kabupaten sanggau baik secara keberadaanya dan merasakan dirinya bagian dari kabupaten sanggau," kata Yohanes Ontot. 

Yohanes Ontot juga berharap Hadirnya masyarakat Nias di Kabupaten Sanggau tetap kompak dan menjadikan sanggau ini rumahnya sendiri dan bekerja di sanggau dengan Hati.

"Peran Pemerintah Daerah yang pertamanya pastinya memfasilitasi  organisasi agar bisa tumbuh dan berkembang untuk me_manage seluruh masyarakat adat Nias secara khusus di Kabupaten Sanggau, sehingga demikian tentu didalam organisasi ini bisa mengembangkan adat istiadat, budaya dan seni budayanya. Harapan kita supaya bisa mewarnai  Sanggau ini menjadi sebuah sanggau  yang berbudaya dalam kesatuan dalam keberagaman yang dinaungi Bhinneka Tunggal Ika. Harapan kita berikut nya masyarakat Nias ini tidak membedakan dirinya sebagai orang jauh, tapi di sanggau jadikanlah dia masyarakat Sanggau, mengabdi, berbuat dan mencintai Sanggau, membangun Sanggau sesuai dengan profesinya, apapun profesinya sehingga ada kontribusinya bagi Sanggau. Berbuatlah untuk Sanggau dengan kebaikan untuk menjadi contoh bagi masyarakat adat di Sanggau," imbuhnya.

"Mudah mudahan masyarakat adat nias ini menjadi warga negara sanggau yang bersatu padu yang kompak dan merasakan sanggau ini rumahnya," harapnya. 

"Silakan masyarakat nias yang ada di sanggau ini untuk mengukir sejarah di kabupaten sanggau," Tukasnya 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Susana Herpena dan Andreas Sisen serta Kesbangpol diwakili oleh Martinus Dop serta Ketua dan pengurus DPD dan DPC (HIMNI).

(Libertus/R. Hermanto)


Berita ini telah ditayangkan di Media Borneo dengan Judul 8 Tahun Berkiprah Di Kabupaten Sanggau, Ontot Berharap Masyarakat Nias Dapat Mengukir Sejarah , Link: https://www.borneotribun.com/2023/03/8-tahun-berkiprah-di-kabupaten-sanggau.html

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar